Home / Basic / Pengertian Hang Komputer – Definisi Komputer Hang

Pengertian Hang Komputer – Definisi Komputer Hang

pengertian hang komputer - definisi komputer hang

Pembaca belajar komputer pastinya sudah tidak asin lagi dengan sebutan komputer hang, khususnya bagi mereka yang memang komputer atau laptopnya sering hang. Sebenarnya apa sih pengertian hang itu? Berikut ini penulis jabarkan mengenai pengertian hang komputer.

Pengertian hang adalah keadaan komputer dimana satu program, atau seluruh sistem berhenti menanggapi input atau masukkan. Yang paling sering terjadi misalnya semua jendela program diam tak beroperasi meskipun kursor mouse masih bergerak di layar, dan keyboard tidak dapat bekerja. Kursor mouse dapat juga terjebak dalam bentuk yang menunjukkan bahwa masih dalam proses loading yang lama. Untuk kasus seperti ini, sistem operasi terbaru telah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengakhiri program yang hang tanpa harus reboot atau restart atau logout komputer.

Namun ada hang yang lebih parah yang mempengaruhi seluruh sistem, sehingga menyebabkan seluruh jendela program tidak merespon masukan baik dari keyboard maupun dari mouse. Hampir selalu cara satu-satunya untuk pulih dari hang adalah dengan restart atau reboot komputer dengan menekan tombol resert atau on / off. Untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows vista, umumnya hang selalu diawali dengan Blue Screen of Death (layar biru) atau sebuah peringatan untuk pengguna.

Hang tidak hanya terbatas pada komputer pribadi, komputer Server bisa juga menjadi hang. Dalam kasus tersebut, server berhenti untuk merespon permintaan. Hang pada komputer jenis ini biasanya ditangani dengan cara yang jauh lebih kompleks daripada sebuah tombol on / off atau tombol reset.

Ya, itulah penjelasan mengenai pengertian hang, semoga dapat menambah pengetahuan kamu di bidang komputer. untuk melengkapi pengetahuan mengenai pengertian hang, silahkan lanjutkan membaca penyebab komputer hang.

referensi : wikipedia

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

2 comments

  1. trims banget….ini sangat berguna bagiku

  2. makasih,atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *