Home / Basic / Jenis Driver Yang Digunakan Untuk Konfigurasi DOS

Jenis Driver Yang Digunakan Untuk Konfigurasi DOS

Jenis Driver Yang Digunakan Untuk Konfigurasi DOS

Apa kabar kawan-kawan blogger? Semoga masih semangat. Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal cara mengatur konfigurasi sistem DOS. Maka pada artikel kali ini kita akan mengenal jenis driver yang digunakan untuk membuat konfigurasi komputer pada sistem DOS.

Apa saja jenis atau macam driver yang digunakan dalam proses konfigurasi DOS? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. File ANSI.SYS

File ini dapat digunakan untuk meningkatkan kerja keyboard dan tampilan di layar monitor. Penggunaan file ANSI.SYS misalnya untuk menciptakan definisi tertentu dan mengubah warna layar. Pendefinisian tombol keyboard dan warna layar diatur dengan perintah prompt. Cara penulisan device untuk file ANSI.SYS adalah: DEVICE=ANSI.SYS

Di belakang baris perintah itu dapat ditambahkan parameter /x yang menyebabkan sistem dapat membedakan penekanan tombol yang berlabel sama (pada keyboard 101), misalnya Home dan End yang berwarna abu-abu dan putih.

2. File VDISK.SYS

File ini digunakan untuk menciptakan virtual disk (disk maya atau disk semu). Apakah yang dimaksud dengan virtual disk? Virtual disk adalah disk yang dibentuk dari sebagian RAM. Jika ada dua disk drive fisik A dan B maka ukuran RAM akan berkurang.

Contoh: jika diberi baris perintah: DEVICE=VDISK.SYS maka sistem akan membentuk disk semu sebesar 64 kilobytes. Parameter-parameter di belakang baris perintah di atas berturut-turut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran disk semu (dalam satuan kilobytes atau Kb).
  • Ukuran sektor (diisi 128,256 atau 512 dengan satuan byte, secara default menggunakan 128 Kb).
  • Ukuran maksimum jumlah file yang diperbolehkan. Maksimum file yang diperbolehkan mulai dari 2 hingga 512 file, namun default-nya adalah 64 file.

Contoh untuk membuat drive C sebesar 80 Kb dengan ukuran sektor 512 dan maksimum 150. DEVICE=VDISK.SYS secara sederhana maksudnya adalah memberikan peralatan pada komputer berupa jumlah drive pada drive C.

Demikian tips dan trik yang membahas jenis driver yang digunakan pada konfigurasi DOS. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat.

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *