Home / Tips / Cara mengatasi kompatibilitas dokumen Microsoft Office

Cara mengatasi kompatibilitas dokumen Microsoft Office

Cara mengatasi kompatibilitas dokumen Microsoft Office

Untuk anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi yang kurang canggih, mungkin lebih menyukai menanamkan Microsoft Office 2003 dibandingkan dengan Microsoft Offcie 2007 atau 2010. Terlebih lagi bagi anda yang license freak, atau mungkin anda orang yang tidak mau belajar hal-hal yang baru dan lebih nyaman berada di dunia anda sendiri. Namun tentu anda akan kesulitan membuka dokumen dengan format Microsoft Office 2007 keatas yang menggunakan “x” di ekstensinya, seperti .docx, .xlsx dan pptx. Mungkin saja teman anda memang sudah menggunakan Office 2007 keatas. Untuk menghadapi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, tanpa perlu menginstall software Microsoft Office 2007 keatas, yaitu:

  1. Minta teman anda menyimpan file dengan mode kompatibilitas

Jika dapat dikomunikasikan terlebih dahulu, anda dapat meminta teman anda untuk menyimpan berkas yang anda kirim dalam format Microsoft Office 2003. Menu yang digunakan adalah Save As -> Word 97-2003 Document jika menggunakan Word 2007 dan begitu pula dengan Excel, PowerPoint, dan sebagainya.

  1. Menggunakan Google Drive

Anda dapat menggunakan layanan Google Drive. Layanan ini gratis dan jika anda sudah memiliki email di Gmail, anda tinggal mencari menu di bagian atas ketika login Gmail. Google Drive sendiri adalah sebuah file storage online yang memungkinkan anda berbagi data dengan orang lain. Selain hal tersebut, anda dapat juga membuka dokumen Microsoft Office 2007 keatas dari sana. Upload saja file anda, lalu klik kanan pada file tersebut, lalu pilih Open With -> Google Drive Viewers.

  1. Google Mail atau Gmail

Alternatif lain adalah jika anda memiliki akun di Google Mail atau Gmail, anda bisa minta file dikirim ke akun anda yang itu. Lalu ketika anda membuka attachment, pilih View, bukan Download. Anda sudah dapat melihat isi dokumen Office 2007 yang dikirimkan tersebut.

  1. Gunakan Microsoft Compatibility Pack

Microsoft Compatibility Pack adalah sebuah add-on atau tambahan pada Microsoft Office 2003 anda supaya dapat membuka berkas yang dibuat oleh Microsoft Office 2007 keatas. Anda dapat mendownloadnya secara gratis disini, namun ada beberapa hal yang perlu anda baca pada bagian keterangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. OpenOffice Portable

OpenOffice adalah aplikasi Office Suite gratis dari komunitas open source. Aplikasi ini dapat membuka, mengedit dan menyimpan file yang menggunakan ekstensi X, yakni buatan Microsoft Office 2007 keatas. Anda bisa mengunduh aplikasi ini disini.

  1. Menggunakan Docx Converter

Aplikasi ini adalah suatu aplikasi yang dapat membuka file .docx. Aplikasi ini dapat digunakan secara online atau anda dapat mengunduhnya di sini. Namun aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk membuka file .docx saja, tidak untuk yang lainnya seperti pptx dan xlsx.

Demikian beberapa cara membuka file yang berformat “x” yang dihasilkan dari Microsoft Office 2007 keatas. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang kebingungan dengan dokumen yang tidak bisa dibuka. Selamat mencoba! (iwan)

About admin

Check Also

Cara mengatasi Aplikasi Program Terbuka dengan Windows Media Center karena Virus Winamp

Jika kamu mendapati shortcut aplikasi atau program di komputer kamu berubah menjadi Windows Media Center, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *