Home / Internet / Tata cara dan perangkat chatting di Internet

Tata cara dan perangkat chatting di Internet

Tata cara dan perangkat chatting di Internet

Sudah menjadi tabiat masyarakat Indonesia itu suka mengobrol. Mengobrol dalam bahasa Internet disebut sebagai chatting. Chatting bisa dilakukan baik dengan teks, suara, video maupun kombinasi ketiganya. Seperti layaknya mengobrol di dunia nyata, chatting juga memiliki tata cara yang harus dipahami dan dilaksanakan. Tata cara ini berkaitan dengan etika yang harus dijunjung tinggi oleh pengguna internet. Tentu saja akan ada konsekuensi yang harus anda tanggung jika anda mengabaikan etika. Anda bisa berurusan dengan orang lain karena ngobrol tentu saja dengan orang lain. Hal ini bisa memicu konflik yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Adab atau etika yang harus diperhatikan dalam chatting

Etika chatting di dunia maya tentu saja tetap ada, berikut adalah beberapa etika atau chatting yang dapat kita pahami dan amalkan.

  1. Ucapan perkenalan

Sebelum memulai obrolan atau ketika memasuki room, pertama kenal dengan orang lain, tentu saja adab yang paling baik adalah memperkenalkan diri anda terlebih dahulu. Bicaralah sejujurnya, jangan berbohong. Setelah itu tanyakan apa yang menjadi ketertarikan lawan bicara anda. Dengan itu mulailah percakapan. Siapa tahu suatu saat anda dapat bekerja sama dengan lawan bicara anda di dunia nyata.

  1. Jangan pergunakan huruf kapital

Jika anda menggunakan huruf kapital untuk mengetik, dalam dunia maya itu artinya anda sedang marah dan teriak-teriak. Maka jangan gunakan hal ini ketika anda sedang tida mengekspresikan kemarahan anda. Anda bisa saja membuat lawan bicara anda tersinggung dengan sikap anda tersebut.

  1. Jika ingin keluar, berpamitanlah

Jika anda ada keperluan atau merasa harus menyudahi obrolan dengan teman anda, usahakan untuk selalu berpamitan. Sikap keluar begitu saja dan sign out seenaknya dapat membuat lawan bicara anda tersinggung. Dengan berpamitan, maka anda sudah menghargai lawan bicara anda.

Tata cara chatting ini mudah dan bisa anda jalankan dengan baik jika anda memperhatikan bahwa semua orang adalah sama seperti anda. Semua orang juga ingin didengarkan, semua orang juga ingin berteman. Oleh karena itu hargailah mereka semua.

Perangkat yang dapat digunakan untuk chatting

Chatting tentu saja tidak dapat dilakukan tanpa perangkat yang memadai, dalam hal ini software. Ada beberapa software dan layanan yang dapat anda gunakan untuk chatting, diantaranya adalah:

  1. Yahoo! Messenger

Layanan chatting ini sangat populer pada tahun 2004 keatas. Bahkan saat ini masih banyak yang menggunakan YM sebagai sarana chatting. Jika anda sudah memiliki akun email di Yahoo! anda dapat menggunakan akun tersebut untuk login pada Yahoo! Messenger. Dengan ini, anda dapat mengobrol sepuasnya dengan teman-teman anda, dengan syarat bahwa mereka juga login pada Yahoo! Messenger mereka. Selain chatting dalam room dan pembicaraan privat, Yahoo! Messenger bisa digunakan secara keroyokan atau conference.

  1. Google Talk

Google Talk adalah layanan chatting dari Google yang belakangan hadir dan diintegrasikan dengan Gmail dan juga Google+. Layanan ini tidak berbeda dengan Yahoo! Messenger namun anda tidak harus menginstall software khusus untuk melakukan chatting. Ketika anda mengakses email Gmail anda, maka anda juga bisa chatting dengan teman anda yang juga sedang online dan membuka akun email Gmail anda. Yang lebih unik dan bagus adalah apabila obrolan terputus, anda akan mendapat rekaman obrolan anda. Saat ini Google Talk sudah dapat digunakan untuk conference namun dengan menggunakan Google+, yakni menggunakan fitur Hangout.

  1. Facebook

Dalam situs jejaring sosial Facebook juga menyediakan fitur chatting. Jika anda ingin mengobrol sesuatu yang sifatnya pribadi anda dapat menggunakan fasilitas chatting ini. Chatting ini adalah pengembangan dari personal message. Anda dapat melihat rekaman percakapan anda pada bagian private message anda.

Demikian adalah adab dan perangkat chatting yang dapat anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

One comment

  1. artikel sangat bermanfaat gan,

    makasih ea sudah berbagi ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *