Home / Internet / Tips untuk penjual dan pembeli di Kaskus FJB

Tips untuk penjual dan pembeli di Kaskus FJB

tips jual beli di kaskus

Seperti telah dibahas dalam artikel sebelumnya, Kaskus FJB adalah bagian dari forum terbesar di Indonesia, Kaskus yang ditujukan sebagai tempat jual beli secara online. Jual beli secara online memang mengandung resiko jika kedua belah pihak tidak bisa dipercaya. Kaskus FJB sendiri dilengkapi dengan tips yang datang langsung dari pengurus dan admin Kaskus demi keamanan transaksi di Kaskus FJB. Pada bagian pojok kiri bawah, anda akan menemukan kolom yang bertuliskan “Safe Trade Centre” yang ketika diklik akan memberikan informasi berupa cara aman bertransaksi di Kaskus FJB.

Tips untuk pembeli di Kaskus FJB

Pembeli pada umumnya merupakan pihak yang paling rentan menjadi korban penipuan. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat membantu anda mengamankan transaksi di Kaskus FJB.

  1. Telitilah sebelum membeli. Sebelumnya cari informasi tentang penjualnya, seperti testimonial orang yang pernah bertransaksi dan kemungkinan adanya tindak penipuan sebelumnya dengan mengecek thread yang dibuat oleh penjual. Anda bisa juga bertanya pada member Kaskus lainnya yang mungkin mengetahui tentang penjual yang bersangkutan.
  2. Jangan memberikan informasi perbankan yang anda miliki. Pada dasarnya anda adalah pembeli, jadi informasi perbankan anda tidak penting.
  3. Transaksi sebaiknya dilakukan dengan bertemu langsung, maka dari itu cari penjual dengan lokasi yang dekat dengan domisili anda. Selain itu anda bisa meminta bantuan teman atau kerabat untuk melakukan pertemuan dengan penjual.
  4. Dalam hal pertemuan secara langsung, pastikan anda yang memilih tempat umum yang ramai sebagai tempat pertemuan dan jangan sendirian. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan tindak kejahatan menimpa anda.
  5. Jika menggunakan sistem kirim barang, maka gunakan Rekening Bersama yang juga sudah banyak digunakan oleh pengguna Kaskus FJB yang lain. Jangan menggunakan RekBer yang tidak dikenal atau memiliki reputasi buruk.

Tips untuk Penjual di Kaskus FJB

Selain pembeli, penjual pun juga mendapatkan panduan untuk keamanan dan kelancaran transaksi di Kaskus FJB. Tips untuk penjual di Kaskus FJB antara lain sebagai berikut:

  1. Berikan judul yang menarik namun bebas dari unsur menipu pengunjung. Pastikan juga judul tersebut mudah dibaca oleh mesin pencari Google untuk menarik pembeli dari luar Kaskus.
  2. Jelaskan barang yang anda jual dengan serinci mungkin, baik kelebihan maupun kelemahan jika ada. Hal ini supaya tidak ada kecurigaan pada barang anda. Tambahkan gambar yang cukup menjelaskan deskripsi anda pada barang yang anda jual.
  3. Jika pembeli menginginkan penggunaan Rekening Bersama, pastikan anda memilih jasa RekBer yang sudah familiar dan terkenal di Kaskus FJB. Hal ini juga untuk menghindari penipuan dengan modus RekBer. Kirim barang anda setelah mendapat konfirmasi dari penyedia RekBer di thread jualan anda.
  4. Menjaga reputasi adalah hal yang paling baik. Menjaga reputasi bisa dengan menjaga mutu dan kualitas barang dagangan anda, menepati perjanjian transaksi dan menyarankan pembeli mengisi testimonial anda sebagai penjual yang baik supaya diketahui calon pembeli yang lain.
  5. Jika anda diminta untuk melakukan CoD atau pertemuan langsung dengan pembeli, pastikan tempat pertemuan adalah tempat umum yang ramai dan pertemuan dilakukan pada jam yang ramai. Jika memungkinkan, jangan melakukan pertemuan sendirian. Hal ini untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan.

Demikian adalah beberapa tips bagi penjual dan pembeli di Kaskus FJB untuk mengamankan transaksi. Semoga berguna bagi anda. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *