Home / Hardware / Pengertian Bug Komputer – Asal Kata Bug

Pengertian Bug Komputer – Asal Kata Bug

Pengertian Bug Komputer - Asal Kata Bug

Kali ini belajar komputer ingin mengajak pembaca mengetahui arti dari Bug. Sebuah kata yang sering diucapkan pengguna komputer yang program atau aplikasinya mengalami masalah. Sebenarnya apa sih pengertian Bug itu ?

Pengertian bug adalah kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya. Sebenarnya istilah “Bug” (dibaca bag) telah digunakan oleh para insinyur dan para tukang servis atau repairmen sebelum era komputer. Insinyur Amerika telah menyebutkan Bug sebagai kekurangan kecil dalam mesin selama lebih dari satu abad. sementara itu sang legendaris Thomas Edison berbicara mengenai bug dalam sirkuit listrik pada tahun 1870 an.

Lalu istilah bug muncul dalam dunia komputer ketika komputer pertama di bangun pada awal 1940an, ketika itu ada seorang pekerja yang menemukan bug baik di perangkat keras dan program yang sedang berjalan. Namun sebenarnya istilah bug pada komputer diawali dengan kisah unik, Pada tanggal 9 September 1945, salah seorang tim dari Universitas Hardvard memandang pada Panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa antara titik di relay 70. Ternyata itu adalah ngengat (bug ; binatang kecil; serangga), kemudian mereka segera mengambilnya dan menyimpan dalam buku catatan (log book). Grace Hopper memberikan catatan pada buku itu denan judul “First actual case of bug being found,” dan itulah pertama kalinya istilah Bug digunaan untuk menggambarkan kesalahan komputer.

Di bawah ini merupakan gambar bug pertama  yang di simpan dalam book log. Pengertian Bug Komputer - Asal Kata Bug

 

Setelah membaca sedikit tulisan di atas, kami harap kamu telah mengerti apa itu Bug.

About admin

Check Also

Ketahui Panduan memilih prosesor yang sesuai karakter kamu

Panduan memilih prosesor Memilih prosesor bukanlah hal yang rumit di masa lalu, beberapa tahun yang …

6 comments

  1. mas mau nanya nih. waktu saya start winamp di laptop acer saya keluar peringatan ”winamp exe. unable to locate componen” trus di bwah nya ada peringatn untk re instal, tapi masalah nya tetap saja. tolong pencerahn nya dong mas…?

    • ada file komponen winamp yang terhapus, coba diinstal ulang. kalau belum bisa juga.

      coba di uninstal atau diremove, trus hapus juga folder winamp bekas instalasi lama sampai bersih, trus coba instal lagi.

  2. mau nanya…laptop saya saya coba sambung ke layar lcd pakai hdmi cable, tapi windows media player ketika saya coba klik di lcd malah ngeblank…apa penyeban dan adakah solusinya? lcdnya 32″

  3. Oooooo… Haha… ternyata istilah bug itu bener-bener dari bug (serangga kecil) toh…
    Saya kira itu hanya istilah yang asal diciptakan… karena yang dimaksud adalah kesalahan kecil, maka disebut bug….

  4. vurnelable itu apa? hubunganya sm DoS

  5. Tq,dpt info asal mula kata bug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *