Home / Basic / Network / Apa saja Kelebihan dan kekurangan pada jaringan WAN, kita sebut di sini

Apa saja Kelebihan dan kekurangan pada jaringan WAN, kita sebut di sini

Kelebihan dan kekurangan pada jaringan WAN

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali dengan WAN atau Wide Area Network. Salah satu jenis jaringan komputer ini tentu memiliki kelebihan yang membuat orang mau mengaplikasikannya. Namun pada saat yang bersamaan, tentu saja jaringan ini memiliki kelemahan. Namun sistem ini telah terbukti digunakan banyak orang sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kelemahan yang terjadi merupakan resiko dari suatu kemajuan yang harus dilakukan.

kelebihan kekurangan WAN Wide Area Network

Kelebihan WAN (Wide Area Network)

WAN memiliki banyak kelebihan yang tentu saja diharapkan oleh pemakainya. Kelebihan adalah salah satu faktor utama seseorang atau sekelompok orang memilih menggunakan WAN sebagai solusi jaringannya. Dibawah ini adalah beberapa kelebihan WAN, yakni:

  • Server pusat pada WAN atau Wide Area Network dapat difungsikan sebagai bank data atau tempat penyimpanan yang terpusat. Dengan demikian seluruh file yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat digunakan oleh semua komputer yang terhubung dengan WAN, meskipun terpisah jarak yang jauh.
  • WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang sangat luas sehingga dapat menghubungkan antar daerah, pulau atau bahkan antar benua.
  • Jika satu jaringan lokal yang terhubung pada WAN memiliki koneksi internet, maka seluruh komputer yang ada dalam WAN dapat menikmati koneksi internet, jika diijinkan. Hal ini berarti penghematan pada biaya langganan internet yang terpusat pada satu titik saja.
  • WAN dapat menghubungkan komputer yang berada dalam suatu kawasan yang luas dalam waktu singkat sehingga WAN dapat digunakan sebagai media komunikasi internal yang mengurangi biaya telepon tiap bulannya.

Kekurangan WAN (Wide Area Network)

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Itu adalah hal yang pasti terjadi. WAN atau Wide Area Network memiliki beberapa kekurangan yang sebenarnya tidak siginifikan, namun perlu anda ketahui dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada Wide Area Network atau WAN, yaitu:

  • WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan tinggi dalam hal pengaturan. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun WAN terbilang relatif mahal. WAN membutuhkan banyak peralatan dan data sebelum jaringan yang ada berhubungan dan berkomunikasi dengan internet secara global.
  • WAN juga rentan terhadap masalah keamanan data karena bagaimanapun kita tidak dapat mengontrol apa yang terjadi diantara node yang jaraknya bisa sampai puluhan bahkan ratusan kilometer jauhnya. Dalam perjalanannya, bisa saja data antar perusahaan diambil oleh orang lain, baik oleh orang dalam maupun orang luar yang memiliki penguasaan terhadap kelemahan sistem kita.
  • Jika menggunakan jasa sewa jalur atau leased line, biaya yang dikeluarkan tiap bulan tidaklah murah yakni berkisar 7 juta hingga 10 juta rupiah tiap bulannya. Biaya seperti ini tentu saja harus dikalkulasikan dengan baik beserta keuntungan yang didapatkan. Maka dari itu kebanyakan pengguna WAN adalah perusahaan.

Demikian penjelasan kami mengenai keuntungan dan kerugian dari WAN. Semoga bermanfaat bagi anda. (iwan)

About admin

Check Also

Fungsi atau Penggunaan proxy di dunia Internet

  Proxy banyak digunakan dalam dunia maya, dalam Internet. Dari bermacam aktivitas yang dilakukan menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *