Home / Basic / cara menyembunyikan dan menampilkan folder windows xp (hide – show)

cara menyembunyikan dan menampilkan folder windows xp (hide – show)

pada artikel belajar komputer kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan folder dan juga cara menampilkan folder pada komputer kamu. menyembunyikan folder pada komputer ini diperlukan ketika kamu ingin folder-folder di komputer kamu tidak diketahui oleh orang lain yang menggunakan komputer kamu.  cara menyembunyikan folder dan menampilkan folder di sini tidak membutuhkan aplikasi khusus, hanya sedikit melakukan perubahan setting pada folder options di komputer kamu, jadi kamu tidak membutuhkan password untuk menampilkannya kembali. artis mengenai cara menyembunyikan folder yang dilengkapi password akan dibahas lain waktu. berikut ini panduan cara menyembunyikan dan menampilkan folder di komputer windows xp.

cara menyembunyikan folder

1.  di sini anggap saja kamu telah  bisa membuat folder pada komputer kamu. jika belum bisa, caranya mudah. tinggal klik kanan di dalam folder tertentu, misalnya di dalam my document, kemudian Klik New Folder. sesaat kemudian akan tampil folder baru, kemudian namailah folder itu sesuai dengan keinginanmu.

2.  pegang mouse kamu, kemudian klik Kanan pada folder yang ingin kamu sembunyikan, kemudian klik pada Pilihan Properties.
cara menyembunyikan folder komputer windows xp

3.  setelah pilihan Properties kamu klik akan muncul jendela  Folder Properties, beri tanda centang pada pilihan “Hidden” dengan cara mengeklik nya. jika sudah kamu beri tanda centang, klik pada tombol “Apply” kemudian klik tombol “ok”

cara menyembunyikan folder komputer windows xp

4.  setelah kamu klik tombol “Ok” maka icon folder kamu tadi warnanya akan tampak samar-samar, itu menunjukkan bahwa folder berhasil di Hidden.

cara menyembunyikan folder komputer windows xp

5.   agar benar benar tidak tampak di komputer kamu, klik kanan pada sembarang tempat, kemudian Klik Refresh. sesaat kamudian folder kamu benar benar tidak tampak.

cara menyembunyikan folder komputer windows xp

6.   beginilah hasilnya jika sudah kamu klik pilihan refresh. folder kamu sudah tidak tampak atau sudah tersembunyikan.

cara menyembunyikan folder komputer windows xp

menyembunyikan folder sudah berhasil dilakukan, lalu sekarang bagaimana cara menampilkan folder yang baru saja disembunyikan?

cara manampilkan folder

1.  untuk menampilkan folder yang disembunyikan atau yang di hidden caranya tidak sulit. caranya pada jendela folder kamu klik pada menu “Tools”, berada pada deretan menu bar.  kemudian klik Pilihan “Folder Options”

cara menampilkan folder yang disembunyikan

2.  setelah kamu klik pilihan “Folder Options”  akan muncul jendela folder options seperti gambar di bawah ini. klik pada tap “view” lihat nomor satu, kemudian klik pada “Show hidden files and folders” lihat nomor tiga, kemudian klik pada tombol Apply kemudian tombol OK.

cara menampilkan folder yang disembunyikan

3.  sekarang folder yang disembunyikan tadi sudah muncul kembali.

cara menampilkan folder yang disembunyikan

bagaimana? cara menyembunyikan dan menampilkan folder sangat mudah bukan ? selamat mencoba

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

3 comments

  1. thanks…this article is helpfull.

  2. thanks bwt tutorialnya… sangat membantu..
    (www.bagiberkat.tk)

  3. Thanks Gan,,,, Sangat membantu
    masalahnya folderku ada yang kehidden, padahal foldertu penting bagt.

    Sekali lagi terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *