Home / Basic / Berkenalan dengan TV Internet

Berkenalan dengan TV Internet

 

TV Internet

Televisi memang sudah berusia hampir satu abad, namun perannya dalam hal memberikan hiburan dan informasi satu arah ke masyarakat belum sepenuhnya tergantikan. Meskipun ada internet, namun televisi masih menjadi primadona masyarakat, terutama dari kalangan bawah. Menonton televisi memang tidak memerlukan usaha yang besar, hanya cukup duduk di depannya sambil membawa remote untuk mengganti channel saja. Tidak seperti internet yang membutuhkan sedikit keahlian dalam mengetik dan mengoperasikan komputer.

internet tv

Namun lama kelamaan acara TV bisa sangat membosankan. Maka ada sebuah solusi baru menonton TV yang tidak membosankan, yakni TV Internet. TV Internet adalah suatu layanan yang menampilkan acara-acara televisi melalui jaringan internet. Pada prinsipnya adalah video streaming saja. Acara TV konvensional, baik yang gratis maupun berbayar pasti memiliki jadwal tayang, namun tidak dengan TV Internet. Anda dapat mengendalikan apa yang ingin anda tonton. Namun tidak semua TV dapat digunakan untuk layanan TV internet. TV anda haruslah yang memiliki sistem yang bisa terkoneksi ke internet. TV seperti ini disebut sebagai Smart TV yang umumnya berlayar datar dan lebar.

Dengan teknologi ini, anda dapat menggunakan TV tidak hanya untuk menonton tayangan televisi saja, melainkan dapat juga mengakses internet. Anda dapat berselancar di jejaring sosial, melakukan pencarian di Google dan lain sebagainya dengan menggunakan Smart TV. Untuk mendapatkan tayangan acara TV secara live pun ada yang menyediakannya, seperti misalnya mivo.tv serta banyak lagi yang lainnya, baik channel luar maupun dalam negeri. Semuanya bisa anda dapatkan hanya dengan berlangganann Internet.

Kelebihan yang dimiliki TV Internet

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh TV Internet, salah satunya adalah anda dapat memilih sendiri program TV yang ingin anda tonton. Anda juga dapat menyaksikan video streaming di Vimeo atau Youtube. Layar yang lebar tentu membuat kita lebih nyaman dalam menonton, tidak seperti layar komputer yang terbatas. Siaran TV yang dipilih pun dapat berupa siaran lokal maupun luar negeri. Pilihan ini cukup banyak, mencakup siaran dari seluruh dunia. Anda dapat menikmatinya dengan gratis, beberapa berbayar dengan harga yang lebih murah daripada berlangganan TV kabel atau TV berlangganan konvensional.

Selain itu anda dapat melihat gambar-gambar statis atau foto yang tersedia di internet, baik melalui Picasa ataupun Flickr. Anda dapat mendengarkan musik, menonton video klip, menontob film favorit dan lain-lainnya hanya dengan satu TV internet. Selain itu ada dukungan dari berbagai macam perusahaan yang menghadirkan layanannya dalam format TV internet. Google adalah salah satunya. Sejak Oktober 2010 lalu, Google sudah bekerja sama dengan Intel, Sony dan Logitech untuk membuat sebuah aplikasi yang bernama Google TV. Aplikasi yang berbasis Android ini akan ditujukan bagi penikmat TV di seluruh dunia. Dengan aplikasi ini, memungkinkan anda browsing sambil menonton tayangan favorit anda. Selain itu anda dapat pula merekam tayangan yang anda sukai untuk ditonton di kemudian hari. Sangat menarik, bukan? (iwan)

 

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *