Home / Basic / Cara Update Free Avira antivirus – online update

Cara Update Free Avira antivirus – online update

Dunia komputer semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan modern. Virus komputer pun berkembang semakin canggih dan semakin mudah merajalela berkat kecepatan internet yang semakin tinggi. Untuk mencegah terjangkit virus, maka diperlukan program antivirus yang dipasang di komputer, baik komputer yang digunakan secara pribadi maupun komputer yang digunakan secara kolektif. Antivirus yang diciptakan untuk menangkal serangan virus ada banyak sekali macamnya, baik yang gratis maupun berbayar. Salah satunya adalah Free Avira.

Cara Update Free Avira antivirus online update

Mayoritas pengguna komputer tentu saja memanfaatkan antivirus yang gratis. Tentu saja alasan utamanya adalah gratis tersebut. Antivirus gratis memang mudah didapatkan, cukup dengan melakukan download dan install saja. Salah satunya adalah sudah disebutkan diatas, yakni Free Avira. Free Avira yang tadinya bernama Antivir Antivirus diproduksi oleh perusahaan Jerman, Avira. Free Avira pernah dibahas dalam artikel sebelumnya termasuk dalam antivirus gratis terbaik selama beberapa tahuun berturut-turut versi majalah PCMag. Salah satu bagian penting dari antivirus tentu saja update. Nah, kami akan membahas mengenai update Free Avira yang belum banyak dimengerti orang.

Cara update Free Avira secara otomatis

Jika anda sudah menginstall Free Avira, pasti akan ada icon payung di sebelah kanan bawah atau system tray anda. Untuk melakukan update Free Avira secara otomatis, anda dapat melakukan klik kanan pada icon payung tersebut. Saat muncul menu, pilih Start Update yang akan memunculkan dialog update Avira. Jika Free Avira sudah lama tidak anda update, maka ukuran file yang didownload akan cukup besar, bisa sampai puluhan megabit. Ada satu kekurangan update Free Avira otomatis, yakni kecepatannya dibatasi hanya 160Kbps atau sekitar 20kBps saja. Meskipun anda memiliki kecepatan internet yang tinggi, tetap dibutuhkan waktu yang lama untuk mengupdate Free Avira. Dari berbagai pengalaman pengguna Avira Internet Security Premium (versi berbayar antivirus Avira), tidak terjadi kecepatan download yang lambat.

Ada yang mengatakan bahwa mengupdate Free Avira itu susah, seringkali gagal di tengah jalan dikarenakan pembatasan itu. Namun sebenarnya tidak begitu jika anda memiliki koneksi internet yang stabil. Free Avira yang merupakan produk buatan Jerman ini tentu saja tidak begitu saja membuat produk yang asal-asalan. Semua produk Avira dapat melakukan update secara otomatis melalui jaringan internet. Kita dapat mengatur atau merubah setting waktu Free Avira melakukan update otomatis tersebut.Selain itu, anda dapat mengatur update Free Avira secara otomatis sehingga anda tidak perlu lagi melakukan klik kanan pada icon payung di sebelah kanan bawah taskbar. Caranya adalah:

  • Buka jendela Free Avira, caranya adalah klik 2x icon payung di system tray.
  • Setelah jendela tampil, klik menu Extras lalu pilih Configuration atau anda dapat menekan tombol F8.
  • Pada panel sebelah kiri, pada bagian PC Protection, klik Update.
  • Setelah itu di sebelah kanan muncul pilihan interval waktu anda dapat melakukan update otomatis. Atur apakah itu tiap 1 hari, 2 hari dan sebagainya.
  • Setelah anda selesai merubahnya, klik Apply lalu OK untuk kembali ke jendela utama Free Avira.

Dengan perubahan ini, maka Free Avira akan melakukan update definisi secara otomatis dalam kurun waktu yang telah kita tentukan. Tentu saja pada saat itu, komputer anda sudah harus terkoneksi ke internet. Jika tidak, maka update akan gagal dan akan dilakukan pada interval berikutnya. Jika anda tidak sering terkoneksi internet, ada solusi lain yang akan kami bahas dalam artikel tersendiri, yakni update Free Avira dengan cara offline. (iwan)

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

4 comments

  1. sudah saya coba tp ttp gk bisa, masalahnya pc saya lama baru online, apa yang harus sy lakukan??

  2. Nice tutorial gannn
    suskses terus ya

  3. Nice info gan,,, Thanks!

  4. ehhhm jadi gni sob aku kn pk laptop nih setiap masang modem usb msti susah kebuka dan data data di modem itu jga ilang
    punya solusinya ga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *