Home / Internet / Mengenal Bagaiman Cara Kerja Email

Mengenal Bagaiman Cara Kerja Email

Cara Kerja Email

Anda mungkin sudah seringkali menggunakan email dalam kehidupan anda sehari-hari. Namun masih banyak diantara kita yang tidak mengerti apa itu email. Sekarang ini kami akan membahas apa itu email untuk lebih memperjelas dan menambah pengetahuan anda.

cara kerja email

Email adalah layanan yang merupakan sebuah media untuk mengirim email gratis melalui sambungan internet. Karena internet termasuk bagian dari sistem elektronik, maka email disebut sebagai surat elektronik atau disingkat surel dalam bahasa Indonesia. Tentu saja email lebih sederhana dan mudah daripada surat konvensional yang menggunakan kertas. Surat biasa membutuhkan waktu lama dalam proses pengirimannya sampai pada orang yang dituju. Namun email lebih mudah, email dapat sampai ke orang yang dituju dalam hitungan detik. Selain prosesnya lebih cepat, email juga lebih murah, bahkan bisa dibilang tanpa biaya.

Mekanisme atau cara kerja pengiriman dan penerimaan email

Anda mungkin tidak mengira bahwa email yang anda kirimkan memiliki beberapa perbedaan dalam tata cara pengiriman dan penerimaan. Dalam hal ini, mekanisme pengiriman dan penerimaan email dibedakan dalam beberapa jenis, yakni:

  1. Email menggunakan Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protokol (SMTP)

Pengiriman email jenis ini merupakan suatu protokol yang memungkinkan email dikirim dan diterima dari satu server ke server lain dan dari server ke komputer pemilik akun. POP yang saat ini sudah berada di level 3, akhirnya disebut sebagai POP3, merupakan protokol untuk mengambil email dari kotak surat di server ke komputer anda. Sedangkan SMTP adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim surat dari komputer anda ke server kotak surat yang lalu diteruskan ke server yang memuat kotak surat yang dituju. POP dan SMTP merupakan cara terdahulu dalam menggunakan email. Berkas email yang ada di kotak surat diunduh ke komputer anda.

  1. Web-based email atau email berbasis web

Pada dasarnya antara email ini dengan POP3 dan SMTP adalah sama saja. Yang membedakan adala bahwa anda tidak perlu mengunduh email anda dari kotak surat di server ke komputer anda. Anda tinggal membuka web tertentu seperti gmail, yahoo dan outlook untuk membaca email dan mengirimkan email. Anda tidak membutuhkan software atau aplikasi khusus untuk menggunakan email berbasis web ini. Pada dasarnya hanya menggantikan aplikasi khusus menjadi aplikasi berbasis web yang tidak perlu diinstall.

Demikian adalah jenis pengiriman dan penerimaan email. Selain kedua hal diatas, email juga dibedakan berdasarkan format isinya, yakni sebagai berikut:

  1. Plain text email

Plain text email adalah jenis email yang isinya diformat menggunakan sistem American Standart Code for Information Interchange (ASCII). Tulisan yang dibuat dengan format ini tidak dapat dimodifikasi seperti warna, ukuran, jenis font dan lain sebagainya. Semua sesuai dengan aslinya. Tidak ada pengolahan atau penambahan aksesoris.

  1. HTML email

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengatur penampilan informasi di Internet. Email yang menggunakan format ini umumnya dapat disesuaikan dengan selera pengirimnya. Dengan begitu email tersebut dapat ditambahkan macam-macam aksesoris, seperti penggantian jenis font, warna font dan juga besaran font pada tiap bagian surat.

Itulah penjelasan mengenai email dan bagaimana cara kerja email, semoga penjelasan di atas dapat kamu pahami dan menambah wawasan kamu. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *