Home / Basic / Mengenal bahasa pemrograman HTML

Mengenal bahasa pemrograman HTML

Bahasa pemrograman HTML

Bahasa mark up HTML merupakan bahasa program utama yang digunakan dalam pembuatan website atau blog. Kode ini memiliki arti penting dalam desain web karena merupakan pembentuk struktur dalam website, baik garis, huruf, warna, tampilan latar belakang, kerangka halaman dan elemen-elemen lainnya dalam sebauh halaman website.

pengertian pemrograman html

Hingga saat ini HTML telah meluncurkan HTML 5 yang merupakan versi terbaru dari bahasa ini. Pengembangan in bertujuan untuk memperkuat dukungan terhadap sistem multimedia terbaru, supaya dapat mudah dibaca dan dipahami oleh komputer dan pendukungnya seperti browser. Meskipun terjadi pengembangan dan penambahan elemen-elemen baru dalam HTML, namun tidak banyak yang berubah, semua masih sama seperti HTML versi sebelumnya.

Sejarah bahasa HTML

Anda mungkin bertanya-tanya tentang sejak kapan bahasa HTML digunakan. Pada tahun 1980, IBM mengembangkan sebuah sistem yang diberi nama Generalized Markup Language atau GML. Lalu pada tahun 1986, ISO atau badan standardisasi dunia menyatakan GML sebagai bahasa standar yang digunakan dalam pembuatan dokumen. IBM lalu mengubah nama GML menjadi SGML dengan tambahan S sebagai singkatan dari Standarized.

sejarah pemrograman html

HTML sendiri merupakan Subnet atau bagian dari SDML yang dapat juga digunakan untuk menjelajahi internet, terutama yang menggunakan protokol WWW atau Web. Dokumen HTML pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan dokumen yang lain, yakni berisi teks dan kode untuk memformat tampilan teks tersebut. Perbedaan yang adalah penggunaan tag tertentu. Misalnya adalah jika ingin memiringkan teks, harus ditambahkan tag di awal teks dan tag diakhir teks supaya dapat menutup perintah sebelumnya.

Empat elemen pada bahasa HTML pada umumnya adalah:

  1. Link

Link adalah pranala atau tautan yang digunakan untuk merujuk pada satu bagian dokumen atau halaman di luar dokumen yang ada. Misalnya jika anda ingin menambahkan link situs tertentu ke dokumen anda, maka anda bisa menggunakan link yang ditautkan pada suatu teks. Link ini akan ditampilkan berbeda, umumnya dengan garis dibawah teks yang bisa diklik untuk menuju ke halaman tertentu.

  1. Style teks

Kode ini digunakan untuk menambahkan style atau format pada teks seperti menebalkan, memiringkan, memberi garis bawah serta juga dapat membesarkan dan mengecilkan teks. Dapat juga membuat daftar yang diiringi dengan garis bawah dan format yang standar.

  1. Pembuatan obyek

Kode ini dapat digunakan untuk membuat obyek pendukung pada sebuah dokumen seperti membuat tombol, daftar atau garis horizontal.

  1. Struktur teks

HTML mengenal struktur teks seperti heading 1, heading 2, paragraf, body atau hal-hal lain seperti dalam format dokumen pada umumnya.

Belajar HTML ini sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan waktu dan pikiran yang tenang untuk belajar. Lalu anda dapat membuka situs w3school.org untuk memulai pelajaran anda tentang HTML. Selamat mencoba! (iwan)

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

One comment

  1. rujukannya situs luar ya gan? apa ga ada situs lokal yg membahas ttg html secara mak nyus ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *