Home / Basic / Mengenal Camfrog sebagai alternatif chatting

Mengenal Camfrog sebagai alternatif chatting

cara chatting camfrog

Penggemar chatting, yakni sebuah cara berdialog dengan menggunakan tulisan atau berbicara langsung di dunia maya, maka tidak afdol jika belum mengenal Camfrog. Software ini tidak kalah keren dengan Yahoo! Messenger, mIRC, Mig33 atau Skype. Camfrog adalahs ebuah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk berkirim pesan melalui dunia maya, baik pesan teks, suara maupun video. Camfrog sekilas memang mirip dengan Yahoo! Messenger, dari tampilan dan juga fitur yang ada. Ruang-ruang chatting juga ditemukan dalam Camfrog, sama seperti Yahoo! Messenger.

Akan tetapi Camfrog memiliki kelebihan lain, yakni Camfrog mampu menampung pengguna dalam satu room sebanyak 1000 pengguna, sedangkan Yahoo! Messenger hanya maksimal 50 pengguna saja. Dalam Camfrog saat ini terdapat lebih dari 6000 room. Tampak menyenangkan, bukan? Tentu akan sangat menyenangkan jika kita dapat mengenal banyak teman dari berbagai belahan dunia. Kita bisa saling bertukar pikiran atau hanya sekedar bercengkerama. Lantas, bagaimana cara supaya kita dapat menggunakan Camfrog? Tentu saja harus diinstall dulu aplikasinya. Dibawah ini akan kami terangkan langkah-langkahnya.

Mengunduh dan menjalanan Camfrog

Cara supaya kita dapat menjalankan Camfrog di komputer kita adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, anda harus memastikan bahwa komputer anda terhubung ke Internet. Setelah itu, anda dapat membuka ww.camfrog.com dan mengunduh file installer Camfrog. File ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 12 MB saja. Yang perlu anda ketahui adalah Camfrog yang anda unduh adalah versi gratis. Jika anda ingin mengupgrade ke Camfrog Pro yang memiliki banyak fitur, maka anda diharuskan membayar $49,95. Lumayan mahal sih. Beberapa fitur Camfrog Pro tidak dimiliki di versi gratis, anda dapat melihat perbandingannya di situs Camfrog tersebut.
  2. Setelah anda selesai mengunduh, jalankan file instalasi tersebut dengan mengklik dua kali. Ikuti segala prosedurnya dengan baik. Namun pastikan bahwa komputer anda tetap terhubung dengan Internet.
  3. Saat instalasi selesai dilakukan,anda bisa langsung mendaftarkan nickname atau nama user anda atau ID Camfrog anda. Anda akan diminta mengisi form pendaftaran member, sama seperti Yahoo! Messenger. Ikuti saja langkah-langkahnya.
  4. Setelah semua ketentuan Camfrog anda penuhi, anda bisa langsung login dengan menggunakan nick serta password yang telah anda buat sebelumnya. Anda juga dapat bergabung dengan room Camfrog seperti CamfrogIndonesia, atau yang lainnya.

Kelebihan (atau bisa dibilang kelemahan) dari Camfrog adalah anda bisa mengakses webcam milik orang lain tanpa adanya izin, tidak seperti Yahoo! Messenger. Dengan ini anda bisa mengetahui wajah teman anda saat berinteraksi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Camfrog

Dalam Camfrog ada satu fitur yang bernama Family Filter. Fitur ini memberikan perlindungan kepada anak-anak di bawah umur dari bahaya konten negatif. Pastikan Family Filter pada Camfrog anda berada dalam posisi ON karena ada beberapa chatroom yang memberikan akses bebas dan digunakan khusus untuk orang dewasa diatas usia 18 tahun. Anda juga harus berhati-hati dalam berchatting. Ada baiknya anda menghormati privasi dan perasaan lawan bicara anda. Jangan menggunakan kalimat yang kasar, tidak baik atau bahkan melecehkan. Bisa jadi nanti anda dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh lawan bicara anda dan anda tidak akan bisa berbicara dengannya lagi. Dalam berbicara di room, anda juga wajib menjaga kalimat anda. Kata-kata kasar anda di room dapat membuat anda ditendang (kick) keluar dari room oleh operator. Bahkan jika anda dibanned, anda tidak akan bisa memasuki room tersebut. Selamat mencoba Camfrog! (iwan)

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *