Home / Basic / Mengenal PDF dan cara mengconvert file Word to PDF dengan microsoft word 2007

Mengenal PDF dan cara mengconvert file Word to PDF dengan microsoft word 2007

Convert Word to PDF adalah suatu cara mengubah format dokumen Word yang berekstensi .doc atau .docx menjadi berformat portable document format atau PDF. Cara mengetik pada aplikasi MS Word tentu saja bukan hal yang sulit bagi semua orang, namun jarang yang mengetahui bahwa sebenarnya dokumen yang dihasilkan dapat disimpan dengan menggunakan format selain .doc, .docx, .rtf, atau bahkan .txt saja. Namun anda dapat juga menyimpannya dengan format PDF. Format PDF bukanlah format baru, sudah digunakan cukup lama di dunia komputerisasi. Format ini diperkenalkan oleh Adobe pada era 1990-an.

Mengenal apa itu PDF

Sebelum kita membahas cara conver word to PDF, maka ada baiknya kita mengenal apa itu PDF. Yang dimaksud dengan PDF adalah salah satu format dokumen yang dikenal dan digunakan dalam perangkat berbagi pakai dokumen digital di internet maupun di dunia nyata. PDF sendiri adalah singkatan dari Portable Document Format. PDF pertama kali diperkenalkan Adobe Systems pada tahun 1993. PDF digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang ditujukan supaya tampilan dokumen dapat terbaca dan dicetak di berbagai sistem operasi dengan bentuk yang persis sama, tidak ada perbedaan di dalamnya. Hal ini berbeda dengan jenis file lain yang kadang tidak terbaca oleh sistem operasi lain atau cenderung mengalami perubahan tata letak, baik bentuk font maupun ukurannya.

Convert Word to PDF Menggunakan MS Office 2007

Tentu saja yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana mengubah file MS Word ke PDF? Untuk anda yang menggunakan Microsoft Office 2007, anda tidak perlu mencari software lain. Anda dapat melakukannya langsung dari program tersebut. Tentu saja ini akan memudahkan anda karena Microsoft Word 2007 sudah dilengkapi dukungan untuk melakukan penyimpanan dalam format PDF. Proses ini sangat mudah sekali, bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama. Buka saja file Word yang ingin anda convert, lalu anda dapat memilih menu Save As. Pada jendela Save As akan ada pilihan format dokumen, pilih Portable Document Format (PDF) lalu klik Save. File Word anda akan tersimpan menjadi format PDF di tempat yang anda tentukan.

cara mengconvert file Word to PDF dengan microsoft word 2007
mugi.or.id

Namun jika microsoft word 2007 kamu belum tersedia fitur ini, silahkan download add word to PDF melalui tautan ini  http://office.microsoft.com/en-gb/downloads/CD010195046.aspx

Pertanyaannya, mengapa PDF sangat populer?

Format PDF memang semakin populer. Format ini banyak digunakan dalam pertukaran file di Internet. Format PDF bahkan menjadi standar umum dokumen untuk keperluan kuliah, pekerjaan dan yang lain-lainnya. Sejak diperkenalkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 hingga saat ini, sudah beredar 450 juta lebih dokumen PDF, menurut laporan yang dirilis oleh Google. Jumlah ini jauh mengalahkan format DOC yang sudah lebih dahulu digunakan pada tahun 1980, ternyata hanya ada pada angka 75 juta.

Alasan kenapa format PDF ini begitu populer dan umum digunakan pada berbagai dokumen adalah antara lain sebagai berikut:

  1. Format PDF memiliki ukuran yang kecil dan padat sehingga mudah digunakan. Format dan tata letaknya sangat konstan dibuka di semua sistem operasi.
  2. Format PDF tidak mudah dimodifikasi sehingga format ini sangat bagus untuk melindungi file dari penjiplakan dan pembajakan, terutama ketika dipublikasikan di internet.
  3. Semua jenis komputer, salam dapat menjalankan program PDF Reader, baik dari Adobe atau dari pihak ketiga bisa membuka file PDF. Bahkan saat ini sudah bisa dibuka pada tablet dan ponsel pintar.
  4. Pada file PDF yang dibuat dengan Adobe Acrobat, anda bisa menambahkan password untuk mengamankan file anda dari pengintipan yang dilakukan oleh orang yang tidak berkepentingan.
  5. Mendukung opsi pencetakan yang konstan dan standar di seluruh sistem operasi.

Nah, dengan keunggulan diatas, sudahkah anda menggunakan PDF?

About admin

Check Also

Pertimbangan Ketika Membeli Komputer

Saat membeli sesuatu, adalah sangat wajar jika kita menerapkan azas kehati-hatian di dalamnya. Hal ini …

2 comments

  1. Tiap hr pekerjaan sy memakai pdf

  2. Belajar mengenal ngetik dengan PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *