Home / Internet / Cara Mempromosikan blog dengan blog lain

Cara Mempromosikan blog dengan blog lain

Cara Promosi Blog

Sebelumnya kita telah membahas mengenai pendaftaran blog ke search engine. Namun sebenarnya itu hanya salah satu diantara banyak cara untuk mempromosikan dan memperbanyak kunjungan ke blog. Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan ke blog maka pemilik blog harus berperan aktif mempromosikan alamat blognya dengan melakukan blogwalking.

cara promosi blog

Istilah ini dapat diartikan sebagai aktivitas mengunjungi blog lain dan berkomentar. Dengan ini anda menebar alamat blog anda. Link atau tautan ke blog kita biasanya disematkan saat kita menulis komentar pada sebuah artikel. Dengan begitu jika ada orang lain yang membaca artikel dan komentar kita, dia bisa saja mengunjungi blog anda. Istilahnya, link yang ada pada blog lain dapat disebut sebagai backlink. Backlink ini dapat mendongkrak jumlah visitor blog anda. Semakin sering anda blogwalking dan berkomentar, maka semakin besar pula kemungkinan blog anda dikunjungi oleh orang lain. Blogger sudah biasa melakukan blogwalking ini sebagai sebuah sarana untuk saling menyapa dan saling mengenal diantara para blogger sembari mencari backlink.

Berkomentar di blog dofollow

Hal lain yang patut dilakukan dalam aktivitas blogwalking adalah mendapatkan backlink dengan berkomentar di blog dofollow. Dofollow berarti link yang ditambahkan saat anda menulis komentar akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari. Alamat yang ditulis akan dianggap backlink oleh mesin pencari. Hal ini dapat terjadi jika pemilik blog bersangkutan menerapkan sistem dofollow pada komentar blognya. Ada beberapa alasan seorang blogger mensetting blognya menjadi dofollow, tentunya demi keuntungan dalam berblog ria. Banyak para blogger yang memerlukan bantuan backlink dofollow untuk meningkatkan traffic blog atau situs mereka. Hal ini berarti blog dofollow akan juga akan mendapat kunjungan dan komentar yang banyak atas sebuah posting yang dibuat.

Maka akan ada kepuasan tersendiri dalam blogging jika ini terjadi. Blog seperti diperhatikan oleh blogger lain, dengan imbal balik para blogger lain mendapatkan keuntungan dari backlink yang dicantumkan oleh mereka ketika berkomentar. Menjadikan blog sebagai dofollow juag memiliki kekurangan, salah satunya bisa menurunkan pagerank. Selain itu ada pula anggapan dari mesin pencari bahwa blog dofollow adalah blog spam sehingga menurunkan rating di mesin pencari. Yang lebih parah adalah apabila blogger yang mengunjungi dan berkomentar hanya ingin memasang backlink saja dengan berkomentar spam dan ala kadarnya.

Berkomentar di blog nofollow

Kebalikan dari dofollow adalah nofollow. Blog yang menerapkan sistem link ini dalam komentar postingan tidak akan ditelusuri lebih lanut oleh mesin pencari. Jika targetnya adalah mesin pencari, maka berpromosi di blog nofollow itu tidak pas. Namun jika targetnya adalah kemungkinan dikunjungi orang lain, tidak ada salahnya berpromosi di blog nofollow. Kelebihan blog yang menerapkan nofollow adalah pagerank yang meningkat, posisi rating di mesin pencari akan lebih baik dan blognya aman dari cap spam oleh mesin pencari. Blog nofollow lebih sering digunakan oleh mereka yang menerapkan teknik SEO. Kerugiannya adalah blog seperti ini sangat jarang dikomentari. Berkomentar di blog ini juga tidak masalah, karena bisa saja dikunjungi oleh orang yang mengunjungi blog tersebut. Selain itu, umumnya blog nofollow yang menggunakan teknik SEO memiliki kunjungan visitor yang sangat banyak, sehingga peluang blog anda dikunjungi visitor blog tersebut juga besar. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

6 comments

  1. kalo sy biasanya blog walking dengan ngasih komentar di postingan yg banyak comment-nya, hehehehhe..maklum masih newbie…

  2. dari kedua tips diatas saya jadi bingung milih blog agr jadi nofollow atau dofollow……..

  3. Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Traffic pengunjung blog
    itu sangatlah diperlukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *