Home / Internet / Memahami dekat dan jelas pengertian hacker dan cracker

Memahami dekat dan jelas pengertian hacker dan cracker

Pengertian Hacker

Istilah Hacker adalah hal yang tidak asing, terutama bagi mereka yang berada di bidang teknologi informasi. Hacker menurut orang awam identik dengan pelanggar hukum yang melakukan kejahatan di dunia maya misalnya pembobolan rekening bank secara online, mengambil data-data pribadi yang rahasia atau kejahatan lainnya yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi. Padahal itu adalah sebutan yang salah. Hal ini diperparah dengan gambaran dalam film-film yang menyatakan bahwa seorang hacker melakukan kejahatannya dengan menyusup kepada komputer orang lain dan melakukan apapun yang ia sukai. pengertian hacker

Padahal ini adalah pengertian yang salah kaprah. Hacker sendiri adalah orang yang bekerja untuk mengembangkan program-program komputer, baik secara independen maupun dipekerjakan pada suatu perusahaan. Tugas hacker adalah mencari kelemahan dari suatu sistem yang dibangun oleh programmer sehingga program atau aplikasi yang dibuat bisa menjadi lebih baik. Sedangkan orang yang melakukan kejahatan di bidang teknologi informasi itu disebut cracker. Istilah ini bagi sebagian orang tidak penting, namun sebenarnya sangat penting. Istilah yang salah kaprah ini banyak mengakibatkan kerugian secara moral.

Awal Mula Hacker dan Cracker

Istilah hacker mulai muncul pada sekitar tahun 1960-an dan pertama kali digunakan oleh mahasiswa Tech Model Railroad Club yang bekerja di sebuah laboratorium di Massachussets Intitut of Technology. Istilah hacker sendiri digunakan untuk menyebut orang yang ahli dalam bidang pemrograman dan bisa menghasilkan program yang lebih baik dari program sebelumnya yang sudah ada dengan mencari kelemahan di dalamnya. Istilah ini kemudian populer di kalangan masyarakat dan menyebut orang-orang yang ahli dalam pemrograman komputer sebagai hacker.

Perkumpulan Hacker vs Perkumpulan Crakcer

Hacker di seluruh dunia biasa mengadakan pertemuan setiap tahun di Las Vegas sekitar pertengahan bulan Juli. Acara ini mempertemukan hacker dari seluruh dunia untuk saling bertukar informasi mengenai dunia pemrograman. Acara yang diikuti oleh semua hacker dari seluruh dunia ini biasa disebut dengan DefCon. Selain itu ada satu acara juga yang diselenggarakan oleh sang raksasa mesin pencari, Google yakni Google I/O dimana selain Google mempresentasikan produk terbarunya, para hacker juga mendapatkan kesempatan untuk saling bertemu satu sama lain karena diundang dalam acara tersebut.

Cracker juga memiliki perkumpulan dan pertemuan, namun umumnya dalam skala kecil, dalam satu negara saja. Pertemuan yang ada pun bersifat tersembunyi dan rahasia. Salah satu yang mengejutkan adalah pertemuan 2200 hacker perempuan China yang tergabung dalam CN Girl Security Team. Kelompok ini memang paling meresahkan para pemilik website di China. Bahkan Google sempat menghentikan operasionalnya di China karena serangan kelompok ini. Yang lebih mengejutkan lagi adalah pada tahun 2012 awal ditemukan bahwa grup ini dipimpin oleh seorang wanita cantik yang masih muda bernama Xiao Tian. Selain kelompok ini, masih banyak kelompok lain yang bergerak di bawah tanah.

Hacker vs Cracker

Memiliki visi dan misi yang berbeda tentu saja membuat hacker dan cracker tidak akan bisa akur. Oleh karena itu banyak hacker yang bekerja sebagai konsultan keamanan atau divisi khusus yang melawan serangan cracker. Umumnya hacker yang bekerja pada perusahaan adalah mantan cracker yang sudah menyadari bahwa apa yang menjadi tindakannya adalah tidak benar. Tidak semua cracker melakukan penyerangan karena motif eknomi, terkadang juga karena alasan ideologis, seperti yang dilakukan oleh grup hacker yang bernama Anonymous baru-baru ini.

Selain itu ada juga yang hanya menjajaki seberapa jauh ilmu yang dimilikinya dengan menyerang sistem komputer yang online. Bisa dibilang bahwa semua hacker pernah melakukan penyusupan ke sistem komputer milik orang lain. Namun mereka yang sekarang menjadi orang-orang terkenal berhenti sebelum dihentikan dan bekerja sebagai analis sistem keamanan komputer untuk meneliti celah dari sistem komputer pada suatu perusahaan. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

4 comments

  1. Haidar Ilham Maulana

    sesudah sya membaca tntng prbdaan hacjer dan cracker,sya sebarkan kdpa orang lain
    tetpi kbnykn rang belum prcya dng hal itu

  2. thanks tuk informasi nya………………………..

  3. salam kenal. bisa kah saya untuk menjadi heker…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *