Home / Internet / Tips mengunduh mp3

Tips mengunduh mp3

Sebagian besar dari kita, bahkan semua dari kita sudah tidak pernah lagi menghabiskan waktu memilah berbagai macam musik dan portfolio artis dalam dan luar negeri di toko kaset. Mungkin bahkan sudah lupa kapan terakhir melakukan hal ini. Bahkan sebagian besar anak muda sekarang mungkin tidak pernah melakukannya. Teknologi telah mengubah semua kebiasaan tersebut. Saat ini untuk menikmati single atau album dari satu artis atau band pujaan, cukup duduk di depan komputer yang terkoneksi ke Internet, luangkan waktu untuk mengunduh dan voila! Anda sudah mendapatkan lagu band atau artis favorit anda dan dapat memutarnya di komputer kapan saja. Tak perlu pergi ke toko kaset atau CD, jutaan diskografi artis atau band pujaan anda bisa dengan mudah didapatkan dalam format MP3. Mudah dan bahkan bisa gratis.

Etika mengunduh

Melegalkan pengunduhan MP3 bukanlah hal yang sehat. Setidaknya tidak sehat bagi mereka yang bergantung ekonominya pada musik, yakni artis, label, toko kaset/CD dan semua pendukungnya. Walaupun mudah dilakukan, namun hal ini tidak dibenarkan. Bahkan secara hukum sebenarnya adalah sebuah pelanggaran terhadap hak cipta seseorang yang bisa diancam dengan hukuman pidana kurungan atau denda.

Namun mengunduh MP3 adalah benar jika aturannya diperhatikan dengan baik, diantaranya adalah:

  • Mengunduh MP3 gratis dari artis atau band yang memang memberikan lagunya secara gratis untuk diunduh di situs tertentu. Saat ini banyak band atau artis baik dalam maupun luar negeri yang melakukan hal ini untuk tujuan promosi.
  • Ada band yang meminta anda untuk memberikan donasi sebelum mengunduh single mereka. Anda bisa menyumbang pada mereka karena umumnya donasi minimalnya tidak besar. Donasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian anda kepada semua orang yang terkait dalam pembuatan lagu tersebut.
  • Meskipun gratis, jika anda mengunduh MP3 album atau single tertentu, usahakan untuk membeli kaset/CD aslinya. Paling minimal, gunakan ring back tone mereka.
  • Jangan melakukan sembarangan klik yang bertuliskan unduh yang memakai label MP3 Gratis. Terkadang muatan virus atau program yang bisa merusak perangkat komputer anda.
  • MP3 gratis sebaiknya digunakan untuk keperluan pribadi. Meski gratis, jangan disebarluaskan dan diperjual belikan kembali. Penggandaan sebuah hak cipta tanpa izin pemiliknya adalah pelanggaran hukum.

Penghasilan musisi adalah penjualan CD album dan RBT, selain manggung karena undangan orang atau stasiun TV. Saat ini toko musik dan CD sudah banyak yang gulung tikar dikarenakan sudah sangat minim orang yang membeli kaset atau CD yang asli. Dengan membajak lagu dengan mendownloadnya secara sembarangan, maka kita telah membunuh mata pencaharian orang lain. Apakah anda mau menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang membunuh rejeki orang lain? Oleh karena itu, jika anda mengaku fans sejati dan orang yang beragama, membeli CD asli adalah hal yang terbaik. (iwan)

About admin

Check Also

McDVoice – Participate in McDonald’s Customer Survey from McDVoice.com

As you’re often using McDonald’s, then you may be heard concerning the client satisfaction questionnaire …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *